Minggu, 15 Desember 2019

Informasi Terkini Jadwal UTBK dan SBMPTN 2020

Hai sobat baik orang tua peserta didik kelas 12 SMA atau alumni yang berminat untuk daftar perguruan tinggi negeri Indonesia seperti ITB, UI, UPI, UNPAD, UIN, UNJ, UGM, UNAIR, UNBRAW, ITS, IPB, dsb. Apakah anda sudah tahu informasi tentang tahapan pendaftaran ke PTN terbaru? Terus sudah tahu juga tentang jadwal-jadwalnya? Jika sobat rohmansa belum tahu semua itu baiklah simak informasi berikut ini.

Registrasi Akun LTMPT

Sobat , jika ingin masuk PTN maka langkah awal yang wajib sobat rohmansa lakukan adalah melakukan pendaftaran akun LTMPT. Mengapa demikian? Karena pada tahun ini  LTMPT akan diterapkan kebijakan Single Sign On (SSO), yaitu setiap peserta diwajibkan memiliki akun LTMPT. Untuk melakukan pendaftaran sobat rohmansa bisa langsung klik di sini!
Pendaftaran akun LTMPT dibuka mulai tanggal 7 Februari sampai dengan 5 April 2020. Ada beberapa hal penting yang harus sobat rohmansa persiapkan untuk melengkapi persyaratan pendaftaran akun LTMPT ini Berikut hal-hal yang harus sobat rohmansa persiapkan:
  • NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
    Adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Untuk mengecek nomor NISN kamu silakan klik di sini. Apabila belum terdaftar atau tidak ditemukan silakan baca informasi ini.
  • NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
    Adalah kode unik pengenal sekolah, berfungsi untuk membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya dan bersifat nasional, ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP). Bagaimana cara mengetahui NPSN? Ikuti langkah di bawah ini:
    • Kunjungi situs resmi kemendikbud
    • Pilih menu Daftar Master Pendidikan lalu, “Pendidikan Dasar dan Menengah
    • Pilih provinsi dimana sekolah kamu berada
    • Selanjutnya kamu bisa pilih Kota, kabupaten hingga kecamatan. Agar lebih mudah dalam proses pencarian, kamu bisa menyeleksi Berdasarkan Jenis Pendidikan.
  • Data tanggal lahir 
  • Email
    Sertakan email pribadi dan harus aktif, karena beberapa informasi akan disampaikan lewat email yang kamu daftarkan.
Baca juga: Bagaimana PPDB setelah Penghapusan UASBN?

Pendaftaran UTBK

Setelah kamu mempunyai akun LTMPT kamu bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu pendaftaran UTBK yang dibuka mulai tanggal 30 Maret – 11 April 2020, dengan tahapan sebagai berikut:
  • Lakukan pendaftaran secara online di sini. Masukan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username (nama pengguna) dan password (kata sandi).
  • Mengunggah (upload) pas foto berwarna terbaru.
  • Isi data dan pilih jenis ujian, sesi ujian, serta lokasi pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran.
  • Lakukan pembayaran pada bank Mandiri, BNI atau BTN. Paling lambat pembayaran dilakukan dalam 1×24 jam. Adapun biaya pendaftaran UTBK adalah sebagai berikut:
    • Kelompok ujian SAINTEK atau SOSHUM Rp200.000
    • Kelompok ujian Campuran (SAINTEK & SOSHUM) Rp300.000
  • Selanjutnya, sobat rohmansa kembali login atau masuk ke halaman pendaftaran, untuk mencetak kartu peserta UTBK 
  • Jangan lupa untuk mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi dan lokasi pusat UTBK yang sudah dipilih. 
Baca juga : Kebijakan Baru Mendikbud Nadiem Makarim Soal UASBN, UN sampai Zonasi

Pelaksanaan UTBK

Semua peserta UTBK 2020 wajib mengikuti tes sesuai hari, tanggal, sesi, dan lokasi pusat UTBK PTN yang dipilih. Dilaksanakan dalam waktu 1 minggu dari hari Senin sampai Minggu dimulai pada tanggal 20-26 April 2020.
Kelompok UjianJadwal Tes
SAINTEK / SOSHUMSesi Pagi pukul 07.00 – 10.30
Sesi Siang pukul 12.30 – 16.15
CAMPURAN (SAINTEK & SOSHUM)Sesi Pagi pukul 07.00 – 11.45
Sesi Siang pukul 12.30 – 17.15

Pengumuman Hasil UTBK

Hasil dari UTBK, akan diumumkan serentak pada tanggal 12 Mei 2020 dan bisa diakses melalui tautan ini.

Pendaftaran SBMPTN

Setelah mendapatkan hasil dari UTBK kamu masih harus berjuang melewati SBMPTN. Tapi sebelumnya kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikut tata caranya:
  • Lakukan pendaftaran pada portal LTMPTN
  • Mengisi biodata
  • Memilih paling banyak 2 PRODI dalam satu PTN atau masing-masing 1 PRODI dalam 2 PTN
  • Mengunggah dokumen sesuai dengan persyaratan termasuk mengunggah PORTOFOLIO untuk yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga
Adapun kegiatan pendaftaran SBMPTN ini, dilaksanakan pada tanggal 2 – 13 Juni 2020.
Baca juga : Bagaimana Memanfaatkan Edmodo Untuk Media Pembelajaran di Kelas?

Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN

Inilah saat yang paling eobat rohmansa tunggu. Yes,apalagi kalau bukan pengumuman hasil SBMPTN 2020. Catat baik-baik ya, pengumuman ini akan diumumkan tangga 30 Juni 2020 pada pukul 15.00 WIB.
Itulah jadwal UTBK SBMPTN 2020, serta beberapa tahapan yang harus kamu lalui. Kamu bisa mulai melakukan persiapan dari sekarang, kenapa? Karena, seperti kata orang bijak mengatakan, “usaha tidak pernah membohongi hasil”. Perjuangkan apa yang ingin sobat rohmansa capai dan berusahalah semaksimal mungkin. Semoga sobat rohmansa diterima di perguruan tinggi idaman. Selamat berjuaaang.
Sumber: rohmansa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar